Menyelimuti tanaman di musim dingin

Mengapa tanaman di atas dibungkus ?

Tidak hanya manusia yang kedinginan saat memasuki musim dingin, tanaman dan semua makhluk di muka bumi ini juga kedinginan, kecuali pinguin atau beruang kutub😀

Tanaman yang diselimuti tersebut adalah Cycas revoluta atau dalam bahasa Indonesia sering disebut pakis haji. Jenis tanaman yang banyak ditemukan di wilayah Selatan Jepang, daerah Kyushu yang udaranya agak hangat. Kadang-kadang disebut Japanese sago palm atau dalam bahasa Jepang disebut sotetsu (ソテツ).

Bahan untuk menyelimuti Cycas adalah adalah wara (jerami) dan yabu (semak). Jika dibungkus dengan jerami disebut wara maki (藁巻), dan jika dibungkus bahan dari semak-semak maka namanya menjadi yabu maki (藪巻).

Apakah tanaman yang lain dibungkus juga ?

Ya, beberapa tanaman kecil juga dibungkus tapi dengan cara yang berbeda. Jika salju turun dengan lebat, tanaman tersebut harus dilindungi dengan membuat kandang bambu memutari tanaman tersebut. Ada lagi teknik membungkus hanya bagian ranting saja, yang disebut miki maki (三木巻).

Apakah tanamannya tidak mati ?

Tentu saja tidak. Karena bahan pembungkusnya dari jerami atau bambu, masih ada celah untuk bernafas. Tetapi pada umumnya tanaman tropis tidur (dorman) pada musim dingin.

Orang Jepang begitu menghargai alam dan mereka begitu menghargai estetika sekalipun hanya sekedar membungkus pohon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: